Cara Merawat Rantai Motor Anda Agar Bertahan Lama

By Admin | 16 July, 2012

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Cara Merawat Rantai Motor

Rantai motor adalah bagian terpenting dari motor anda. Agar bisa bertahan lama sebaiknya anda tahu cara merawat rantai motor. Jika anda merawat rantai motor anda maka secara tidak langsung akan menghemat keuangan anda. Seperti saat rantai motor anda mengalami korosi atau berkarat akibat adanya musim hujan. Genangan air yang berada di mana-mana akan mengakibatkan jalan becek dan licin dan bila terpercik air maka secara tidak langsung akan mengenai rantai motor anda sehingga potensi berkaratnya lebih besar. Di bawah ini adalah pemaparan cara merawat rantai motor anda .

1. Setel rantai secara teratur

Rantai yang sering di rawat rantainya akan tahan lama. Penyetelan rantai bukan berarti harus dikencangkan saja atau hanya di kedurkan saja rantai tersebut namun yang perlu di perhatikan adalah pengunci rangkaian ban dan pelek yang perlu di luruskan. Menurut para montir yang sudah berpengalaman bahwa penyetelan rantai hendaknya dilakukan setelah motor anda telah menempuh lebih kurang 1000 kilometer.

Di samping itu ketegangan rantai perlu di perhatikan juga dan sebaiknya pada posisi 5 – 25 milimeter dari posisi rantai normal artinya jarak antara posisi normal pada saat tidak di pegang dengan posisi maximal pada saat sisi-sisi rantai hendak dipertemukan(rantai bagian atas dan bawah di dekatkan) secara umum, atau bisa dilihat pada tutup rantai roda dari stiker yang tertempel.

Penyetelan tidak sekadar mengencangkan atau mengendurkan rantai, tetapi juga mengatur pengunci pinCara Mengetahui Keaslian BlackBerry anda. Selengkapnya ... » sambungan serta membersihkan kotoran atau debu yang menempel. Sangat disarankan untuk melakukan penyetelan rantai ini setiap motor telah berjalan 1.000 km. Periksa tingkat ketegangan rantai! Sebaiknya di posisi 5 – 25 milimeter.

Untuk mengetahui ukuran tersebut, dapat dilihat di mal atau garis standar yang ada di penarik rantai di ujung bawah shockbreaker roda belakang. Ukuran jarak atau tingkat kekencangan juga bisa dilihat dari stiker yang ada pada tutup rantai roda. Pada motor New Scorpio Z, New V-ixion dan New Jupiter MX akan ada petunjuk di bagian sekeliling ban motor. Anda bisa mengamati gambar di bawah ini

cara merawat rantai motor

cara merawat rantai motor

 

2. Bersihkan kotoran

Jangan biarkan kotoran menempel di rantai motor anda. Kotoran itu biasanya terdiri dari debu, tanah, minyakCara membuat Sabun Mandi Secara Sederhana . Selengkapnya ... » atau hal-hal lain sehingga kotoran-kotoran tersebut akan mengikis rantai anda secara perlahan-lahan. Jadi lebih baik membersihkan rantai tersebut dengan minyak solarCara Menghemat Bensin Motor Anda. Selengkapnya ... » atau bensin atau semprot khusus untuk rantai motor(bukan promosi … namun saya telah membandingkan dengan berbagai merek pembersih rantai dan yang terbaik adalah merek CARRERA XP-1000) karena pada saat saya memakainya umur rantai saya menjadi lebih panjang dibanding pada saat memakai pembersih lain . Pembersih rantai ini banyak di jual di mall-mall di kota anda. Jangan sekali-kali anda memberikanoli bekas pada rantai anda karena justru oli bekas itu yang berisi logam-logam akan mengikis rantai motor anda.

Kotoran menempel di sela-sela rantai baik debu, lumpur, atau serpihan lain yang menempel di pelumas rantai. Bila dibiarkan, kotoran tersebut dapat menyebabkan rantai cepat kering, berkarat, dan cepat aus karena getas. Oleh karena itu sangat disarankan untuk rajin membersihkan kotoran tersebut sebulan sekali. Setelah kotoran dibersihkan, lakukan pelumasan kembali pada rantai motor.

3. Perhatikan Posisi Rantai

Posisi rantai juga sangat berpengaruh pada ketahanan rantai motor anda. Jika posisi rantai motor anda miring maka dengan sendirinya rantai itu akan menggesek bagian yang lain dari dirinya sendiri dan mengakibatkan bagian-bagian tertentu akan terkikis juga. Dan jangan biarkan jika rantai motor anda mengeluarkan suara-suara yang bising tidak seperti saat semula.

Demikianlah sekelumit cara merawat rantai motor anda agar rantai motor anda bertahan lama.

Share and Enjoy

Pinterest

Topics: Tips and Trick | No Comments »

Comments

You must be logged in to post a comment.

  • Archives