Cara Memilih Jurusan atau Fakultas setelah Lulus dari SMA atau SMK

By Admin | 21 January, 2013

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Cara memilih Jurusan

Sebentar lagi Ujian Nasional SMAKenapa Suka Pusing Ketika Belajar Matematika. Selengkapnya ... » akan segera di laksanakan. Jika anda lulus tentu akan merasa sangat senang namun setelah lulus lalu langkah apa yang harus anda tempuh ? Mungkin jika anda kuliahPostingan Pertamaku. Selengkapnya ... » pasti anda bingung tentang cara memilih jurusan pada saat anda mau kuliah. Keraguan ini sering muncul jika dari SMA anda tidak mempunyai cita-cita yang tepat untuk mau jadi apa nantinya setelah saya SMA. Untuk saat ini di indonesiaAnda Tidak Percaya Diri Adalah Sebuah Kelebihan. Selengkapnya ... » jika ingin mencapai sebuah kesuksesan jalan kuliah masih menjadi prioritas 90% siswa lulusan SMA. Banyak yang ingin jadi Dokter, jadi insinyur atau engineer namun apakah anda sudah siap dengan semua itu ? Jika mempunyai kemampuanBagaimana Mengetahui Tipe Manusia. Selengkapnya ... » otakSepak Bola Gol dengan Kepala Bisa Menyebabkan Kerusakan Otak. Selengkapnya ... » dan finansial yang lebih hal itu tidak terlau menjadi masalah karena setidaknya mantap dan tahu cara memilih jurusan di perkuliahan, namun bagaimana kalau kemampuan pas-pasan ?

Cara memilih jurusan di perkuliahan adalah sebagai berikut :

1. Perhitungkan jarak tempat kuliah anda dengan rumah tempat tinggal anda. Jika anda mampu indekost sebaiknya pilih indekost yang sedekat mungkin dengan kampus anda agar anda bisa berhemat ongkos transportasi.

cara memilih jurusan kuliah

cara memilih jurusan

2. Jika anda mampu masuk PTN atau PTS yang bagus sebaiknya anda mempersiapkan diri dengan segala sesuatu yang berkaitan tentang kehidupan kampus seperti pergaulan antara mahasiswaAktivis Mendukung Pria Bakar Diri di Depan Istana. Selengkapnya ... », organisasi mahasiswa, perkuliahan itu sendiri, bagaimana cara menghadapi dosenTuntutlah Ilmu Setinggi-tingginya. Selengkapnya ... », dan jangan bawa-bawa kehidupan SMA anda dalam hal ini.

3. Pilihlah jurusan yang anda minati dan lihat peluang kerja yang ada, namun jangan anda memilih jurusan karena anda ikut dengan teman anda namun jurusan itu justru jurusan yang anda bendi atau tidak suka( tapi jika jurusan yang anda pilih anda suka maka lebih baik anda ikut dengan teman-teman anda sehingga anda memiliki teman seperjuangan).

4. Termasuk hal penting juga adalah kemampuan finansial anda. Pilihlah sesuai dengan kemapuan finansial anda, jangan terlalu memberatkan orang tua anda namun jika anda bisa ambil resiko yaitu dengan mencari pekerjaan sampingan untuk membiayai kuliah anda maka hal itu bisa meringankan beban anda.

5. Perhitungkan waktu studi yang di tempuh untuk jurusan yang anda pilih.  Misalnya anda pilih jurusan kedokteran maka anda harus butuh minimal 6 tahun untuk menjadi seorang dokter (4 tahun untuk menjadi sarjana kedokteran dan 2 tahun untuk co ass/praktek di rumah sakitTips Mudik Dengan Sepeda Motor Yang Aman Ke Kampung. Selengkapnya ... »). Kalau jurusan lain mungkin 3,8 tahun anda bisa menjadi sarjana atau sekitar 5 tahun jika anda juga memiliki pekerjaan sampingan.

6. Jika anda ingin berpacaran maka lebih baik berpacaran dengan orang-orang yang mampu membantu anda, minimal bisa membantu anda belajar, lebih bagus lagi jika mampu membantu anda dalam pembiayaan biaya kuliah anda.

7. Binalah hubungan baik anda dengan dosen anda, karena di indonesia nilai mahasiswa masih tergantung dengan hubungan sosial antara mahasiswa dan dosen. Hindarilah percekcokan dengan dosen, yang jelas anda mampu mendapatkan nilai yang baik, karena IP akhir yang  tinggi memudahkan anda mencari pekerjaan setelah anda lulus nanti.

8. Ikutilah segala kegiatan kampus untuk mempererat tali silaturahmiCara Menghemat Pengeluaran Anda Setiap Hari Bagi Yang Kelebihan Uang. Selengkapnya ... » dengan teman-teman kuliah namun lakukan hal ini jika tidak mengganggu perkuliahan anda. Manajemenlah waktu kuliah anda, belajar anda dan organisasi di kampus anda. Anda tidak harus meninggalkan oragnisasi. Masuklah organisasi yang anda sukai dan tidak terlalu mengganggu perkuliahan anda.

Demikianlah pemaparan tentang cara memilih jurusan di perkuliahan. Semoga  semoga bermanfaat bagi anda untuk merencanakan masa depan anda agar lebih berhasil.

Share and Enjoy

Pinterest

Topics: Pribadi | No Comments »

Comments

You must be logged in to post a comment.

  • Archives